7 Cara Sukses Menjadi Freelance Dengan Ratusan Klien

Gambar dari 99.co

Kunci Sukses Menjadi Freelance dengan ratusan klien

Baik saat Anda menjadi freelance lalu menjual layanan jasa tulis artikel atau menawarkan konsultasi pelatihan, pekerjaan lepas melibatkan lebih dari sekadar memberi label harga pada bakat khusus yang Anda miliki saat ini. Trial and error telah mengajari saya untuk menjadi pebisnis lepas: bagaimana saya menemukan klien, mengirim email tindak lanjut kepada klien, dan meminta pembayaran tepat waktu sesuai dengan job yang saya kerjakan.

Dari sini aaya juga mulai belajar betapa pentingnya mengelola harapan-harapan yang diberikan klien kepada saya.

Beberapa klien Anda saat ini, mungkin ingin Anda menangani beberapa tugas sekaligus dengan waktu yang sangat singkat, atau bahkan melakukan pekerjaan di luar kontrak yang sudah di janjikan klien kepada Anda. Namun, semua itu terserah pada diri Anda untuk mengatur semua alur hubungan bisnis dengan cara yang menguntungkan satu sama lainnya.

Di artikel ini, Anda akan belajar tujuh pelajaran tentang bagaimana mengelola harapan-harapan klien freelance Anda.

7 Langkah Untuk Sukses Menjadi Freelance

Buatlah Saluran Komunikasi Yang Baik

Di masa lalu, cara termudah untuk berbicara dengan klien adalah dengan mengangkat telepon dan menelepon mereka. Tetapi sekarang dengan adanya kemajuan teknologi seperti Internet dan telepon, ada beberapa cara untuk Anda dapat berkomunikasi dengan baik kepada klien. Satu-satunya masalah adalah bahwa dengan begitu banyak opsi, klien dan Anda harus menyetujui saluran komunikasi yang tepat.

Saat Anda menjadi klien baru, Anda harus bertanya tentang metode komunikasi pilihan mereka. Sebagai contoh, klien mungkin ingin melakukan komunikasi melalui email, sementara mereka (freelance) lebih suka melalui pesan secara langsung seperti facebook dan website.

Menetapkan saluran komunikasi yang tepat untuk memastikan bahwa tidak ada kebingungan tentang cara berkomunikasi antara klien dan freelance. Dan, pastinya Anda tidak ingin klien Anda ketinggalan tentang pembaruan penting yang memerlukan respons cepat hanya karena Anda menggunakan saluran yang salah.

Membangun rencana berkomunikasi yang tepat akan membantu Anda dalam mengantisipasi kebutuhan klien dan mengatasinya sebelum muncul beberapa masalah baru.

Ketahui Ketentuan Proyek

Anda dapat membuat hubungan positif kepada klien dengan menyatakan persyaratan proyek kerja Anda di muka. Kerika Anda memberikan semua detail, maka kedua belah pihak akan memahami apa yang harus mereka berikan dan apa yang akan mereka terima. Jadi, sebagai permulaan, Anda harus menyusun pernyataan kerja, mendefinisikan tugas, tonggak, hasil kerja, jadwal waktu, dan ketentuan pembayaran tertentu.

Dalam beberapa pengalaman freelance di luar sana, kebanyakan klien yang akan memberikan Anda pernyataan kerja mereka sendiri. Dalam kasus ini, Anda harus meninjau kontrak kerja untuk melihat apakah itu memenuhi standar. Dan Anda harus meminta pengacara untuk membahasnya juga. Lebih penting lagi, jangan segan untuk bertanya tentang ketentuan pembayaran Anda. Anda harus tahu persis berapa banyak Anda akan dibayar, dan kapan tanggal pembayaran yang ditentukan.

Prioritaskan Komunikasi Tanpa Jargon

Apa yang akan segera Anda pelajari adalah bahwa sebagian besar klien ingin merasa memegang kendali. Jika mereka membutuhkan detail proyek tertentu, mereka tidak ingin mengirim email atau menelepon Anda beberapa kali hanya untuk mendapat tanggapan. Jadi, penting bagi Anda untuk memprioritaskan komunikasi dalam hubungan bisnis.

Anda dapat mengirim pembaruan proyek terperinci berdasarkan jadwal. Dari pada Anda mengirim pesan yang isinya “semuanya baik-baik saja,” Anda ingin membuat komunikasi yang dipersonalisasi dengan wawasan nyata tentang proyek.

Cintohnya, jika Anda seorang desainer grafis, Anda mungkin memberi tahu klien Anda bahwa Anda telah menyelesaikan tahap penelitian dan mulai membuat sketsa konsep. Dengan melakukan itu, klien Anda akan merasa yakin bahwa Anda membuat kemajuan dan akan memenuhi tenggat waktu yang disepakati.

Anda juga ingin berkomunikasi tanpa menggunakan jargon apa pun. Klien Anda tidak akan mengetahui persyaratan industri. Yang terbaik adalah menjelaskan semua ide-ide Anda dengan jelas kepada klien.

Dalam semua komunikasi, penting untuk Anda menjelaskan apa yang Anda lakukan atau mengapa Anda membuat keputusan itu?. Anda harus memberikan informasi yang cukup dan jelas kepada klien Anda untuk membuat keputusan berdasarkan informasi yang Anda dapatka.

Menjadi Mitra Eksternal dengan Tim In-House

Ini seringkali terjadi, ketika seoranh klien menyewa freelancer, saya berdiri di sela-sela proyek. Saya hanya mengetahui apa yang akan terjadi pada tugas yang diberikan kepada saya. Meskipun pengecualian ini mungkin sesuai untuk kebutuhan beberapa proyek, itu belum tentu merupakan pilihan terbaik untuk klien Anda.

Untuk melakukan semua pekerjaan menjadi yang terbaik, mungkin Anda harus menjadi mitra eksternal untuk tim klien yang ada. Dinamika tim ini terutama berlaku untuk proyek jangka panjang yang dapat berlangsung selama lebih dari 12 bulan.

Jadi, apa yang dilakukan mitra eksternal? Langkah pertama adalah meminta aset merek dan data internal yang akan membantu Anda menyelesaikan proyek. Bergantung pada layanan freelance Anda, permintaan ini dapat mencakup logo, laporan Google Analytics, atau penelitian kata kunci.

Kemitraan yang bernilai membutuhkan tingkat keahlian dari masing-masing mitra. Di pihak Anda, penting bagi Anda untuk menjadi ahli pilihan di mata klien. (Itulah sebabnya mereka mempekerjakan Anda sejak awal.)

Memenuhi Tugas, Kemudian Bonus Kepada Mereka

Klien akan menghargai layanan yang luar biasa. Untuk freelancer, tidak hanya untuk memenuhi harapan klien Anda, tapi anda juga harus melampauinya. Dalam beberapa pengalaman saya dan teman sukses saya, saya telah memenuhi semua harapan klien dengan mengirimkan konten lebih cepat dari jadwal atau memenuhi jumlah kata untuk menambahkan contoh pelanggan yang relevan.

Kadang-kadang, itu hanya sesederhana menjelaskan proses penulisan saya atau memberikan garis besar detail untuk persetujuan. Layanan berkualitas bermanfaat ketika Anda membuat koneksi dengan klien Anda.

Klien akan menghormati freelancer yang melakukan tugasnya sesuai dengan apa yang mereka katakan. Jadi, dengan memenuhi semua harapan mereka, Anda dapat membuat dampak nyata dan positif pada hubungan bisnis dan membangun kredibilitas profesional Anda.

Selalu Transparan dan Jujur

Internet memudahkan seorang klien untuk menemukan informasi yang relevan tentang diri Anda dan dengan cepat mengaksesnya hanya dengan beberapa klik. Klien akan memberi harapan tinggi kepada pekerjaan Anda, karena anda bersifat transparn dalam bekerja.

Contohnya, Anda mungkin memiliki ratusan klien yang terus-menerus mengajukan pertanyaan mengenai status proyek yang mereka ajukan kepada Anda. Anda dapat menghemat waktu dengan memberikan mereka akses group bersama di mana Anda memperbarui status proyek mereka secara bersama. Dengan begitu, Anda akan menghilangkan ratusan pesan email dan bisa fokus pada tugas yang Anda kerjakan.

Jangan membuat sebuah kesalahan tentang. Bagaimana Anda merespons sebuah kesalahan?, Kesalahan yang Anda buag akan berdampak besar pada bisnis Anda saat ini. Jadi, tetaplah bersikap transparan tentang segala kesalahan dalam pekerjaan Anda dengan klien sesegera mungkin Anda untuk menawarkan solusi untuk memperbaikinya.

Anda juga dapat mempertimbangkan membuat sebuah umpan balik untuk klien Anda. Anda dapat membuat formulir situs web untuk menerima tanggapan anonim atau meminta kritik setelah proyek selesai di kerjakan. Gunakan umpan balik ini untuk mengambil penilaian jujur ​​tentang pengalaman klien dan untuk membuat perbaikan untuk pekerjaan Anda dalam waktu dekat.

Tawarkan Dukungan Ekstra

Klien menghadapi banyak tantangan dalam pekerjaan mereka sehari-hari. Apakah itu memenuhi tenggat waktu yang ketat atau perlu untuk sepenuhnya menyelesaikan proyek, klien Anda tidak kebal terhadap perjuangan bisnis. Jadi, sebagai freelancer, Anda mungkin merasa cocok untuk menawarkan klien Anda beberapa dukungan tambahan.

Dukungan dapat datang dalam berbagai bentuk tanpa biaya tambahan untuk bisnis freelance Anda. Misalnya, Anda dapat mengatur sesi brainstorming selama 15 menit untuk membantu menyelesaikan masalah secara cepat, jenis empati ini akan membangun kepercayaan antara klien dan Anda.

Anda juga dapat memberi dndukung kepada klien Anda dengan membagikan inisiatif mereka di media sosial. Tweet tentang produk baru mereka atau membuat posting Facebook tentang acara mendatang mereka. Keterlibatan sosial akaj membawa kesadaran terhadap merek. Klien lebih suka berbisnis dengan orang, bukan dengan bisnis untuk bisnis. Buat klien Anda merasa dihargai dengan bekerja sevara ekstra.

Tetapkan & Atur Harapan Klien Anda

Seorang freelance profesional akan tetap menjaga hubungan yang berkualitas, dan semuanya dimulai dengan mengelola semua harapan yang diberikan klien kepada Anda. Anda harus menguraikan persyaratan proyek yang dirasa tidak terlalu penting, selalu memprioritaskan komunikasi, dan menjadi mitra tepercaya bagi klien. Sekarang, giliran Anda untuk menggunakan pelajaran tentang kunci sukses menjadi seorang freelance, semua ini untuk membantu meningkatkan bisnis freelance Anda.