Menjual Produk Di Website vs Marketplace: Mana Yang Lebih Baik?

Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi?

Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi?

Dalam menyambut datangnya era industri 4.0 serta semakin berkembangnya teknologi yang memberikan kemudahan bagi setiap orang dalam bertransaksi, mengharuskan Anda untuk segera mengonlinekan bisnis agar tetap dapat bersaing dan dapat sukses dalam berbisnis online.

Anda sudah menyiapkan pemasokan dan inventaris. Anda juga telah memutuskan target audiens dan pasar Anda. Tapi, apakah Anda sudah memikirkan di mana harus menjual produk-produk tersebut? Apakah anda harus menjualnya di Website atau Marketplace?

Memilih satu dari dua platfrom seperti website dan marketplace untuk melakukan penjualan produk sering kali diajukan. Ini adalah pertanyaan yang paling menantang untuk dijawab oleh pakar bisnis. Dan, Itu semua tergantung pada anggaran untuk bisns Anda dan banyak faktor lainnya.

Hadirnya Marketplace serta kemudahan dalam membuat website, semakin menambah peluang untuk mengembangkan bisnis Anda secara online. Marketplace menawarkan masa yang begitu banyak, namun website juga menawarkan branding yang menjanjikan untuk Anda. Lalu, manakah yang lebih baik antara Website vs Marketplace? Lalu, website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi?

Melakukan Penjualan di Website ( Toko Online )

Sebuah situs web berbeda dengan pasar karena hanya mencantumkan produk Anda dan sepenuhnya eksklusif untuk bisnis Anda. Anda bisa mengontrol situs web dan merek Anda.

Kelebihan berjualan di website (toko online).

Dapat melakukan branding secara langsung

Melakukan branding secara langsung adalah cara terbaik untuk memulai bisnis online. Anda dapat melakukannya dengan mulai membeli nama domain yang unik dan sesuai dengan brand atau merek produk yang sedang anda jual saat ini, seperti jualmaduasli.com. ini akan menghemat biaya dalam pemasaran produk anda. Domain ini dapat anda gunakan untuk membuat web toko online sendiri dan email bisnis sendiri seperti beli@jualmaduasli.com, Anda bisa membeli domain murah di rumahweb.com.

Lebih banyak kontrol, dan lebih banyak otoritas.

Situs web Anda dapat memberi Anda kontrol lebih besar atas bisnis yanf Anda jalankan. Ini mencakup semuanya mulai dari desain, tata letak, penempatan produk, deskripsi, navigasi, dan lainnya. Jadi, Anda bisa memaksimalkan kepuasan kepada mereka para pelanggan.

Anda memiliki akses penuh terhadap wawasan para pelanggan.

Dengan memiliki toko online di website sendiri dapat membantu Anda dalam melakukan kontrol yang lebih baik atas wawasan bisnis yang Anda jalankan. Anda dapat menganalisis pola konversi pelanggan Anda, riwayat pembelian para pelanggan Anda. Selain itu, Anda juga dapat membantu mereka dalam membuat keputusan belanja yang lebih baik.

Ini adalah pendekatan futuristik.

Toko web personal atau pribadi pasti akan terbayar dalam jangka panjang. Karena bisa memberi Anda banyak kebebasan dalam mengelolanya, Anda dapat menggunakannya untuk menceritakan kisah-kisah yang terhubung langsung dengan para pembeli. Ini merupakan investasi satu kali yang bisa membebaskan Anda dari biaya penjualan di pasar yang tidak diinginkan, sehingga dapat memberi Anda keuntungan yang lebih besar.

Fleksibilitas dalam pemasaran.

Anda dapat leluasa dalam menargetkan audiens Anda dengan banyak cara saat menjual produk melalui toko web Anda. Seperti menggunakan Iklan Google, iklan Facebook, dan iklan di forum-forum besar, ini bisa mendaratkan prospek tanpa syarat untuk bisnis Anda.

Kekurangan berjualan di toko online

Mengatur biaya awal.

Ini adalah salah satu alasan utama mengapa beberapa pelaku bisnis menghindar menjualan menggunakan situs web adalah karena investasi awal yang diperlukan cukup besar.

Membutuhkan waktu untuk membentuk strategi pemasaran.

Ketika Anda mengatur dan membuat toko Anda sendiri, Anda harus melakukan semua tugas secara langsung mulai dari riset kata kunci hingga membuat iklan produk Anda sendiri.

Ikatan dengan gateway pembayaran.

Tidak ada satupun toko web yang lengkap tanpa menggunakan gateway pembayaran. Pelanggan Anda akan memberikan semua uang mereka dengan memberi kepercayaan sepenuhnya pada bisnis yang sedang Anda jalankan, itulah sebabnya mengapa Anda harus menjaga aspek keamanan pembayaran pada situs web Anda. Maka, lebih baik anda menggunakan gateway pembayaran tepercaya seperti Midtrans, Doku, Ipaymu, duitku, Paypal, dll. Semua kasus pasar Anda akan di urus sepenuhnya oleh penyedia gateway yang Anda gunakan.

Melakukan Penjualan di Marketplace.

Jika Anda telah memutuskan untuk melakukan penjualan produk di pasaran seperti marketplace, Anda harus mengetahui semua pekerjaan dasarnya. Marketplace adalah platform atau situs web dari pihak ketiga yang mencantumkan beberapa produk dari penjual yang berbeda di berbagai kategori yang disediakan.

Jadi, ketika para pembeli datang untuk berkunjung ke pasar online seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dll. Mereka akan mencari produk untuk dibelinya dan mereka akan menganalisis beberapa faktor seperti harga, reputasi, ulasan pelanggan dll. Ini bisa menjadi reputasi pasar bagi bisnis Anda mengapa mereka harus berbelanja ke toko Anda?.

Kelebihan Berjualan di Marketplace

Bersiaplah untuk melakukan penjualan dengan investasi terendah.

Menjual produk di marketplace membutuhkan perawatan yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan biaya situs web individu. Misalnya, Anda harus menyewa jasa dari beberapa orang untuk dukungan TI, atau bahkan jika Anda lebih memilih untuk menggunakan plugin pembuat situs web eCommerce, Anda akan dikenakan biaya berlangganan di setiap tahunnya. Namun, semua ini tidak berlaku untuk pasar online seperti marketplace (Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dll).

Percaya pada marketplace Anda

Marketplace yang Anda gunakan sudah memiliki banyak basis pelanggan dan ulasan, maka itulah alasan mengapa mereka datang untuk berbelanja di sana.

Dengan kata lain, Anda tidak perlu lagi menghabiskan seluruh waktu Anda untuk menghasilkan lalu lintas yang tinggi seperti dalam kasus situs web personal. Para pelanggan akan datang dengan sendirinya untuk membeli karena reputasi pasar Anda yang cukup tinggi.

Nikmati hak istimewa SEO

Marketplace populer seperti Shopee, Tokopedia dll. Sudah memiliki reputasi SEO dan SERP yang sanga baik untuk halaman kategori produk mereka. Sehingga produk Anda memiliki peluang yang cukup besar untuk dilihat oleh para pelanggan.

Tidak perlu khawatir tentang halaman kebijakan

Marketplace yang Anda gunakan sudah pasti memiliki kebijakan yang jelas untuk segala hal yang dibutuhkan, mulai dari kebijakan pengiriman hingga pemenuhan pesanan. Ini dapat menyederhanakan pengalaman berbelanja serta dapat membuat Anda lebih mudah dalam melakukan penjualan produk.

Kekurangan Berjualan Di Marketplace

Persiapkan untuk biaya penjualan

Tidak ada pasar online yang memungkinkan para pebisnis untuk mulai menjual suatu produk tanpa melibatkan biaya atau berlangganan. Pihak marketplace akan membebankan biaya berlangganan atau ongkir untuk setiap pesanan yang Anda jual. Dan biayanya juga bervariasi tergantung pada produk yang ingin Anda jual, serta jarak antara pengirim dan penerima barang.

Sengitnya persaingan

Banyak pebisnis online yang menawarkan kenyamanan untuk para pelanggannya, ada juga kompetisi yang terlibat di setiap penjual. Setiap kategori produk memiliki banyak penjual. Jadi, berdiri keluar dari kerumunan itu cukup sulit dan membutuhkan waktu lama tetapi dapat dicapai.

Tidak ada branding dan akuisisi pelanggan

Memilih untuk melajukan penjual produk di marketplace akan menghilangkan pengalaman penjualan Anda. Ingatlah bahwa marketplace yang Anda gunakan memiliki kontrol penuh di setiap penjualan Anda, itulah sebabnya Anda mungkin tidak akan pernah bisa membuat pencitraan terhadap merek produk dan situs web Anda. Selain itu, marketplace juga membatasi cara Anda untuk melakukan branding terhadap merek produk Anda.

Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi?

Website Vs Marketpace. Jadi, mana yang terbaik untuk bisnis Anda?

Website Vs Marketplace Pilihan Atau Sinergi Untuk Bisnis Anda Saat Ini?Jika Anda tidak memiliki banyak waktu dan sumber daya untuk memulai di pasar online dari situs web pribadi Anda, Maka Anda harus memilih salah satu untuk memulai bisnis Anda saat ini. Mulailah dengan memprioritaskan strategi Anda karena Anda mungkin memiliki tujuan jangka panjang dan jangka pendek. Langkah ini sangat penting karena penjualan di pasar maupun di situs web individu memiliki bobot. Ketika digunakan bersama, keduanya saling melengkapi dengan baik dan memperbesar keuntungan Anda.

Saat Anda memilih, lihat yang paling sesuai dengan prioritas dan anggaran Anda. Tanyakan pada diri sendiri, “Apakah produk yang saya jual unik dan dapat dipasarkan?” Jika ini adalah produk khas yang dapat membantu Anda membedakan merek Anda, penjualan di situs web Anda akan lebih menguntungkan.

Banyak orang menemukan ide untuk menjual produk melalui situs web pribadi mereka, tapi ini cukup menakutkan dalam biaya awal untuk pembuatannya. Karena alasan ini, banyak dari mereka beralih ke marketplace seperti shopee, tokopedia ataupun Facebook. Tetapi semua ini tergantung pada diri anda, jika anda memilih keduanya antara website vs marketplace maka ini akan menguntungkan untuk bisnis Anda.

Baru Berjualan Online? Baca Tips Untuk Sukses Berbisnis Online ini